Charles Aznavour   Leave a comment


Charles Aznavour (bahasa Armenia: Շառլ Ազնավուր; lahir di Paris, 22 Mei 1924; umur 86 tahun) adalah penyanyi legendaris Armenia-Perancis, sekaligus seorang aktor dan pencipta lagu. Sepanjang kariernya, Aznavour telah membintangi 60 judul film, menulis lebih dari 1.000 lagu (termasuk 150 lagu berbahasa Inggris, 100 lagu berbahasa Italia, 70 lagu berbahasa Italia, dan 50 lagu berbahasa Jerman), dan rekamannya terjual lebih dari 100 juta keping.[1]

Charles Aznavour
Aznavour menyanyikan "La Bohème", di Paris Olympia, 1968.

Karier film

Profesi sebagai penyanyi berjalan bersamaan dengan kariernya di bidang film. Di antara peran Aznavour yang sering diingat orang adalah sebagai Édouard Saroyan dalam film Tirez sur le pianiste (sutradara François Truffaut, 1960). Pengamat film memuji penampilan Aznavour dalam film And Then There Were None (1974). Ia ikut sebagai peran pendukung dalam film The Tin Drum (1979) yang mendapat penghargaan Academy Award 1980 untuk kategori Film Asing Terbaik. Pada tahun 2002, Aznavour ikut membintangi film Ararat sebagai sutradara bernama Edward Saroyan.

[sunting] Biografi

Dilahirkan sebagai Shahnour Vaghinagh Aznavourian, orang tuanya adalah imigran asal Armenia, Michael and Knar Aznavourian[2] Ia pertama kali naik pentas memakai nama panggung “Aznavour” sewaktu masih berusia 9 tahun. Sejak masih kecil, orang tuanya memang sudah memperkenalkan Aznavour dengan dunia teater. Kesempatan emas diraih Aznavour setelah penyanyi Édith Piaf mendengarnya menyanyi dan mengajaknya ikut serta dalam pertunjukan keliling di Perancis dan Amerika Serikat.

Aznavour sering dijuluki “Frank Sinatra dari Perancis”, dan sebagian besar dari 1.000 judul lagu yang ditulisnya selalu tentang cinta. Ia juga pernah menulis sandiwara musikal, dan tampil di 60 judul film, termasuk Shoot the Piano Player dan The Tin Drum. Aznavour bisa bernyanyi dalam banyak bahasa (Perancis, Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, Rusia, Armenia, dan Portugis). Kemampuan Aznavour membuka kesempatan bagi dirinya untuk melakukan konser di Carnegie Hall dan berbagai arena bergengsi di seluruh dunia. Sebuah lagu bisa dibawakan Aznavour dalam berbagai bahasa, misalnya lagu “Que C’est Triste Venise” (versi asli dalam bahasa Perancis), menjadi “How Sad Venice Can Be” (bahasa Inggris), “Com’è Triste Venezia” (bahasa Italia), “Venecia Sin Ti” (bahasa Spanyol), “Venedig im Grau” (bahasa Jerman). Aznavour juga pernah merekam sebuah lagu karya penyair Sayat Nova dalam bahasa Armenia.

Pada tahun 1970-an, Aznavour sukses besar di Britania Raya. Lagu “She” menduduki puncak tangga lagu Britania. Lagu lainnya yang terkenal di Britania adalah “Dance in the Old Fashioned Way”.

Aznavour pernah ikut rombongan kabaret di Montreal, sekaligus membuatnya selalu mengagumi Québec dan membeli sebuah rumah di Montreal. Ia pernah membantu pencipta lagu sekaligus penyanyi asal Québec, Lynda Lemay sewaktu berkarier di Perancis.

Aznavour banyak membantu korban gempa bumi 1988 di Armenia lewat organisasi amal “Aznavour for Armenia”. Di Jalan Abovian, pusat kota Yerevan terdapat alun-alun yang namanya diambil dari nama Aznavour. Aznavour menjabat anggota dewan pembina Armenia Fund International yang telah mengucurkan lebih dari US$150 juta sejak tahun 1992 dalam bentuk dana bantuan kemanusiaan dan pembangunan infrastruktur di Armenia. Pemerintah Perancis memberikannya penghargaan Légion d’honneur kelas “Officier” (perwira) pada tahun 1997.

Penyanyi lain sering membawakan lagu-lagu Aznavour, mulai dari Fred Astaire dan Bing Crosby, hingga Ray Charles dan Liza Minnelli. Pada tahun 1974, Jack Jones membuat album yang seluruhnya berisi lagu ciptaan Aznavour dan diberi judul “Write Me A Love Song, Charlie”.[3]. Lagu “She” pernah dinyanyikan Elvis Costello untuk film Notting Hill. Plácido Domingo adalah teman baiknya, dan sering membawakan lagu-lagu hit ciptaan Aznavour, terutama lagu “Ave Maria” versi Aznavour.

Pada tahun 2006, Aznavour mengadakan pertunjukan keliling di AS dan Kanada yang disebutnya farewell tour (tour perpisahan). Pada tahun 2007, pertunjukan keliling Aznavour dilangsungkan di Jepang dan negara-negara Asia lainnya. Aznavour, 82 tahun, mengatakan pertunjukannya kali ini sebagai tur perpisahan, walaupun kondisi kesehatannya masih prima. Aznavour sekarang masih bernyanyi dalam berbagai bahasa dan masih hafal tanpa perlu teleprompter. Walaupun demikian, ia sekarang hanya bernyanyi dalam dua atau tiga bahasa (bahasa Perancis dan Inggris, ditambah bahasa Spanyol atau Italia).[1] Tanggal 20 September 2006, Aznavour mengadakan konser besar-besaran di ibu kota Armenia, Yerevan. Konser tersebut merupakan pembuka festival budaya “Arménie mon amie” yang dilangsungkan di Perancis. Sewaktu konser, presiden dari kedua negara, Robert Kocharian dan Jacques Chirac duduk di kursi deretan paling depan.

Posted 30/07/2010 by alpianchandra in Tokoh Penyanyi Terkenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: